Purwokerto, 29 Oktober 2012, bertempat di Aula Kantor Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga  ( SDA BM ) Kab. Banyumas, diselenggarakan Sosialisasi Perencanaan Rehab Jaringan Irigasi Tahun Anggaran 2012. Menurut Krisnawan ( salah seorang pejabat dilingkungan Dinas termaksud),  ada 467 Jaringan Irigasi di kabupaten Banyumas beberapa diantaranya telah rusak akibat faktor alam dan usia. Oleh karenanya secara umum Bupati Banyumas telah menskala prioritaskan untuk perbaikannya, baik dengan dana APBN, APBD Propinsi maupun APBD Kabupaten. Untuk pelaksanaan rehab di Anggaran Perubahan 2012 ini telah dialokakasikan dana untuk keperluan tersebut dari APBD Kabupaten dimana untuk saat sekarang ini proses administrasinya sedang dilakukan”. Sejalan dengan itu, lebih lanjut menurut Krisnawan perlunya kulonuwun atau sosialisasi kepada para Perkumpulan Petani Penmakai Air ( P3A ), dimana salah satunya adalah P3A Sri Aji Ajibarang Wetan.

Sebagaimana diberitakan beberapa waktu yang lalu,  bahwa di Ajibarang terdapat Daerah Irigasi ” Tengah ” yang tidak pernah kering airnya namun kondisi dibeberapa blok  sudah sangat rusak dan terancam ambruk, sehingga atas inisiatif  Ulu-Ulu Golongan ( Sebutan Bagi Petugas Pengairan untuk beberapa desa) bersama Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) AWAKKAPPAN, yang meliputi lima desa yakni Ajibarang Wetan,  Ajibarang Kulon, Kracak, Pancasan dan Pandansari melaporkan keruskan tersebut kepada Bupati.

Dalam kesempatan tersebut disepakati perlunya pengeringan Jaringan Irigasi untuk kelancaran kegiatan. ” saya berharap meski  harus ada pengeringan, namun petani jangan sampai dirugikan. Harus sama-sama konsekuen antara pemanfaat jaringan dan Pihak Kontraktor, sehubungan dengan akan berkahirnya Tahun anggaran 2012, maka kegiatan ini harus segera dilaksanakan, apapun konsekuensinya, maka dinohon kerjasamanya dari para Petani” imbuhnya.

P3A Sri Aji Ajibaranng Wetan yang diwakili ketuanya, Abdul Aziz (40 th),  menyampaikan pentingnya DI tengah yang multi fungsi, sehingga jadwal pengeringan selama perbaikan berlangsung diharapkan agar efektif.

Lebih lanjut Krisnawan juga menyampaikan nilai proyek rehab Daerah Irigasi Tengah tersebut sebesar Rp 73 juta, dan telah ditunjuk rekanan CV Gunung Putri Ayu yang beralamat di Desa Karang Bawang Kec. Ajibarang. Sedangkan rencana pekerjaan akan dimulai pada Senin pekan depan, dan kepada masyarakat yang berminat menjadi pekerja bisa mendaftarkan diri kepada masing-masing Kelompok Tani.

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
 
You might also likeclose