PNPM Desa MelungMELUNG (29/12/12) Desa Melung rencananya kembali akan dijadikan tempat untuk kegiatan pelatihan, kali ini RBM (Ruang Belajar Masyarakat) Pokja Banyumas akan menyelenggarakan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk UPK (Unit Pengelola Kegiatan) dari PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat).   Hasil rapat dengan panitia penyelenggara kegiatan pada tanggal 27 Desemebr 2012 ditetapkan Desa Melung sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Pemilihan Desa Melung dijadikan tempat untuk kegiatan tersebut bukan tanpa alasan, alasan yang pertama adalah karena dari sisi fasilitas dianggap sudah memenuhi standar.  Alasan yang kedua adalah untuk lebih dapat merasakan kehidupan desa dan juga dapat melihat akan potensi yang ada di desa.  Alasan yang ketiga barangkali ini adalah wujud dari pemberdayaan itu sendiri, artinya akan lebih bisa memberdayakan desa ketimbang kegiatan ini dilaksanakan di hotel atau ditempat yang lain.

Rencanaya peserta nanti akan diinapkan di rumah-rumah warga yang diharapkan akan terjadi interaksi antara masyarakat dan pelaku kegiatan PNPM.  Yang tentunya akan terbangun sebuah komunikasi dan saling berbagi cerita baik dalam perjalanan PNPM maupun terkait dengan potensi yang ada di desa.  Adapun peserta adalah dari 21 kecamatan yang menerima program PNPM dan setiap kecamatan mengirimkan 2 perwakilan UPK dan 1 orang perwakilan dari BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa),  Dalam pelatihan TIK rencananya akan diikuti oleh 63 orang.  Yang menarik dari rencana kegiatan ini adalah akan saling berjejaring antara RBM Kabupaten Banyumas dengan RBM Kabupaten Majalengka yang mampu saling berkolaborasi antar pelaku dan antar lembaga-lembaga di luar PNPM, sehingga diharapkan kedepan RBM sebagai media belajar dapat diwujudkan sebagaimana mestinya tempat membangun lingkar belajar  antar pelaku dan lembaga-lembaga yang konsen dengan pemberdayaan masyarakat.


 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
 
You might also likeclose