beberapa hasil kerajinan dan bahan-bahannya

beberapa hasil kerajinan dan bahan-bahannya

Permasalahan sampah dan juga lingkungan hidup beberapa tahun ini telah menjadi pembicaraan banyak orang. Banyaknya barang-barang kebutuhan pokok yang telah tersaji dengan instan,dan telah tersedia di setiap penjuru wilayah. Ternyata bukan hanya memberi kemudahan bagi masyarakat untuk dengan mudah memenuhi kebutuhannya. Tapi kondisi ini juga telah memberi efek pada peningkatan jumlah limbah atau sampah. Bukan hanya limbah-limbah pabrik saja yang menjadi persoalan,karena sekarang limbah atau sampah rumah tangga pun juga telah mengusik lingkungan tempat tinggal. Dan kondisi itu justru malah tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah dengan benar. Sehingga memunculkan sebuah persoalan baru yang seharusnya menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat.

Melihat kondisi seperti itu, Muslihati(34) tidak mau hanya terdiam. Salah satu warga Desa Keniten ini yang bertempat tinggal di RT 04 Rw 03 Desa Keniten Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas,telah mengolah limbah-limbah plastik menjadi beberapa kerajinan yang sangat menarik. Dengan mengumpulkan sampah-sampah plastik dari bungkus kopi,minuman gelas,jajanan anak,dan beberapa sampah plastik lainnya. Ibu dua anak ini telah menciptakan beberapa karya menarik. Diantaranya tas,tirai pintu atau jendela,dompet,bunga hias,serta beberapa produk lainnya. Di saat waktu luang, istri dari Slamet(38) ini dengan terampil membuat produk-produk kerajinan yang berbahan dasar dari limbah plastik. Inspirasi untuk mengolah limbah plastik menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat ini justru didapatkan dari salah satu anaknya Febri(10) yang masih kelas 4 Sekolah Dasar. “Saya terinspirasi dari anak saya yang menunjukkan hasil karyanya pada waktu itu,kalau anak kecil saja bisa massa saya enggak”, tuturnya. Dan sekarang beberapa produk yang lain juga telah berhasil dikembangkannya.

Ibu Muslihati menunjukan tirai pintu hasil kerajinannya

Ibu Muslihati menunjukan tirai pintu hasil kerajinannya

Berawal dari keprihatinannya terhadap sampah yang selama ini oleh masyarakat belum dikelola dengan benar. Muslihati(34) telah memberikan contoh bagi beberapa ibu rumah tangga yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Berbekal sebuah niat yang tulus dia telah mengajari beberapa ibu rumah tangga untuk membuat produk-produk kerajinan dari limbah plastik. Bahkan dia sangat senang jika semakin banyak orang yang mau belajar bersama,dia tidak sungkan untuk berbagi ilmu yang telah dia dapatkan. Karena baginya ketika kita bisa bermanfaat bagi orang lain maka itu adalah sebuah kebahagiaan. Dan hasilnya beberapa Ibu rumah tangga di lingkungan tempat tinggalnya telah mengikuti apa yang dilakukannya.

Sosok Ibu rumah tangga seperti ini lah yang seharusnya mendapatkan perhatian yang lebih. Karena di tengah keprihatinan masyarakat terhadap sampah,Dia justru telah memberikan sebuah inspirasi yang lain. Yang telah mengubah pola pikir dan perilaku hidup dari beberapa warga untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengolah limbah menjadi produk-produk kerajinan. Karena bukan hanya lingkungan saja yang tentunya akan menjadi lebih bersih dan sehat. Tapi kita juga akan mendapatkan manfaat yang lebih dari produk-produk yang telah dihasilkan.

contoh tas yang telah jadi

contoh tas yang telah jadi

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
 
You might also likeclose