1. Pemasangan Patok BronjongKekhawatiran warga Grumbul Sabrangsari, Rt 01 Rw 05 Desa Pancasan, Ajibarang, Banyumas terjawab sudah. Tikungan Kali Datar yang mengancam erosi ke arah pemukiman di grumbul itu, telah mendapatkan bantuan berupa bronjong (mantras) dari Dinas SDABM Kabupaten Banyumas.

Berawal dari kunjungan Dinas SDABM Kabupaten Banyumas, untuk memberi tahukan keputusan di tingkat kabupaten, Kali Datar di lokasi Grumbul Sabarangsari akan menerima bantuan berupa pemasangan bronjong untuk ‘melawan’ erosi.

Dalam kunjungan tersebut, fihak SDABM juga memperkenalkan kontraktor yang memenangkan tender pemasangan bronjong. Dalam pertemuan tersebut juga dibicarakan teknis pengiriman dan penempatan material dilokasi terdekat.

” Material akan langsung kami datangkan setelah kordinasi dengan masyarakat setempat. Kami juga membutuhkan tempat yang terdekat dan efisien,” kata Direktur CV Bumi Indo Lestari, kontraktor yang memenangkan tender itu.

Senin, 5 November 2012, diadakan seremoni sederhana, ‘slametan’ memulai pekerjaan pemasangan bronjong.  Dalam upacara itu hadir Kabid Sungai di Dinas SDABM, Kepala Desa Pancasan beserta Perangkat Desa terkait, perwakilan masyarakat lingkungan, pekerja proyek dan Direktur CV Bumi Indo Lestari sebagai pelaksana.

Pertemuan itu berjalan dengan singkat. Kepala Desa Pancasan, mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas atas bantuan kepada masyarakat di wilayahnya. ” Kepada kontraktor pelaksana, kami juga memberi penghargaan. Beberapa kali kami mendapatkan bantuan, ternyata pelaksananya semacam ‘hantu’. Tidak pernah ketemu orangnya, sehingga susah bagi kami untuk berkordinasi.”

Kepada warga setempat, Kepala Desa menyampaikan harapannya, ” Agar bisa menerima bantuan ini dengan baik. Artinya, bahwa doa warga selama ini akan kebutuhan bronjong sudah terjawab.Di samping doa, juga usaha kita dengan tidak jemu-jemunya mengingatkan Pemkab Banyumas tentang kondisi darurat ini. Semoga dengan terpasangnya bronjong, bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat setempat.”

Adi, Kabid Pemeliharaan Sungai SDABM Kabupaten Banyumas menyampaikan bahwa bantuan yang akan diberikan berupa pemasangan bronjong atau mantras dengan sistem paket. ” Total panjang 47 meter, dihitung dari sebelah utara jembatan. Dibangun dengan sistem bertingkat, dari bawah lebar dan ke atas semakin mengecil sesuai standar. Untuk diberitahukan bahwa pekerja memang berasal dari luar daerah, karena pekerjaan ini membutuhkan tenaga-tenaga khusus dan waktunyapun sangat terbatas.”

Usai berdoa bersama yang dilanjutkan menikmati makan siang ala kadarnya, hadirin langsung ke lokasi pekerjaan. Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, para pekerja memulai tahap awal dengan pemancangan patok pembatas. Dalam kesempatan pemancangan patok di lapangan, kontraktor pelaksana menyampaikan,” Tolong kepada warga untuk berswadaya, mengurug cekungan-cekungan yang ada. Bila cekungan-cekungan itu terisi, akan memperkuat posisi bronjong.”

Magreh Kang, kita bantu.

 

Incoming search terms:

metode pelaksanaan pekerjaan bronjong (51),metode pelaksanaan pemasangan bronjong (28),metode pemasangan bronjong (28),cara pemasangan bronjong sungai (1),langkah langkah pembuatan bronjong (1),metode pelaksanaan pekerjaan pemasangan bronjong (1)
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 

 
 
You might also likeclose