Pamitan Calon HajiSaat-saat keberangkatan calon haji, tidak hanya dilepas oleh keluarga di halaman rumah, tetapi dilepas dan didoakan oleh sanak kerabat dan masyarakat luas. Hal seperti itu secara rutin dilaksanakan oleh warga masyarakat Desa Pancasan, Ajibarang, Banyumas.

Dini hari, Senin 24 September 2012, bertempat di Masjid Al-Hidayah Pancasan berlangsung upacara pelepasan pemberangkatan calon haji. Calon haji dari Desa Pancasan tahun 2012 M / 1433 H, sejumlah empat orang. Wasito dengan isteri, Kar Sunarni, warga Rt 03 Rw 2, dan Kuswanto beserta isteri, warga Rt 05 Rw 01.

Dalam acara pelepasan tersebut, di samping dihadliri oleh keluarga calon jama’ah haji, juga dihadliri oleh para haji , Pengurus IPHI Ranting Pancasan, Rois Syuriyah, Pengurus Muslimat NU, Kepala Desa dan warga masyarakat yang lain.

Upacara yang dimulai pada pukul 02.30 WIB, didahului dengan pembacayaan talbiyah oleh Takmir Masjid Al-Hidayah dalam acara  Muqaddimah, selanjutnya kata pamitan (mawadda’ah) yang disampaikan oleh Kuswanto, mewakili keempat calon jama’ah haji.

Kuswanto yang pensiunan TNI-AD ini, mengawali smenujuambutan pamitannya dengan bermohon maaf atas segala kesalahan calon jamaah. ” Kami juga mohon doa restu agar dapat melaksanakan semua rukun, kewajiban dan sunnah-sunnah haji serta ibadah-ibadah yang lain dengan lancar. Selesai pelaksanaan, kami dapat pulang kembali di kampung halaman dengan selamat.”

Kepala Desa Pancasan, Achmad Munawar dalam sambutan pelepasan, mengamini do’a calon jamaah, ” Semoga segenap jama’ah dapat melaksanakan semua ibaadah, wajib sunnah maupun ibadah yang lain dengan lancar tanpa ada aral rintangan. Dan kami juga mohon tolong didoakan agar dapat mengikuti langkah Anda sekalian dalam kesempatan berikutnya.”

Selanjutnya Kepala Desa menambahkan,” Setelah kita minta didoakan, bahkan setiap tahun saat pemberangkatan calon haji, kita juga melakukan usaha-usaha lainnya. Dan penunjang yang pasti adalah kita segera mendaftarkan diri ke KBIH serta membuka rekening haji di bank-bank pelaksana.”

Syuriyah NU Ranting Pancasan, KH Hamam Musthofa, selanjutnya berdoa dengan cara yang mengena. Setiap baris doa yang berbahasa Arab, langsung diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, sehingga hadlirinpun memahami serta lebih mantap dalam mengamini.

Usai doa, diadakan acara jabat tangan. Calon jamaah berjabatan sambil berjalan mendekat ke kendaraan yang mengangkut mereka ke Alun-alun Purwokerto untuk bergabung dengan kafilah jamaah lain se-Kabupaten Banyumas, kloter 16, menuju Bandara embarkasi Donohudan,   Solo.

Selamat jalan, para calon jamaah haji. Semoga Anda sekalian mendapatkan predikat baru, Haji Mabrur. Aamiin.

Incoming search terms:

sambutan pelepasan haji (15)
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
 
You might also likeclose