Penyuluhan Pertanian di Desa Melung

Melung 26 Agustus 2013, Tumor karat pada umumnya menyerang tanaman albasia. Gejala atau tanda-tanda tanaman terserang tumor karat adalah adanya pembengkakan pada bagian tertentu. Yang mengakibatkan tanaman albasia mengering dan kemudian mati. Dan penyebaran penyakit ini pada umumnya terjadi pada daerah dengan kelembaban tinggi seperti Desa Melung.

Melihat kondisi dan persoalan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Desa Melung, KKN STAIN Purwokerto mencoba mencarikan solusinya. Mereka mengadakakan penyuluhan dengan melibatkan Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupten Banyumas, Dinas Pertanian dan Kehutanan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas.

“Hal ini kami lakukan sebagai perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi, kami sekedar membantu sebisanya dengan mendatangkan dinas-dinas terkait agar masyarakatmendapatkan pencerahan dan juga solusi dari persoalan yang sedang dihadapi oleh warga masyarakat”. Penjelasan Arief Suryo Prianto (23) yang merupakan koordinator desa KKN STAIN Purwokerto.

Dalam materi yang dibawakan oleh Setyo Jumanto yang merupakan penyuluh dari Dinas Pertanian dan Kehutanan memberikan solusi terkait dengan tumor karat. Usaha mencegah penyakit tumor karat bisa dilakukan dengan cara :

  1. Dalam menyemai atau memilih bibit mengunakan bibit yang jelas asal-usulnya dan dari pohon yang tidak terkena tumor karat. Sebelum disemai bibit firendam dalam air panas dan fungisida (seperti benlate, dithane atau derosal) dengan konsentrasi 0,5 – 1 g/liter air selama 5 – 10 menit.

  2. Setelah bibit tertanam lakukan penyemprotan dengan frekuensi : 1 (satu) minggu sekali selama 6 bulan, kemudian 2 minggu sekali dalam 2 bulan menggunakan fungisida berbahan aktif tembaga seperti manchotane, manteb dan manzate.

  3. Pengendalian tanaman muda jika dalam kurun waktu dua bulan setelah penyemprotan tanaman tidak mampu tumbuh baik sebaiknya dicabut diganti dengan bibit yang sehat.

Penyuluhan ini diadakan di Balai Desa Melung, berkat kerjasama anatara Mahasiswa STAIN Purwokerto yang sedang ber-KKN di Desa Melung serta dinas-dinas terkait. Adapun peserta penyuluhan adalah petani di Desa Melung serta sejumlah ketua RT.

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 

 
 
You might also likeclose