Tanaman Jengkol yang semakin jarang

Siapa tak kenal jengkol. Buah ini termasuk buah yang sial, kadang digemari dan dicari tapi kadang disia siakan. Bagaimana lezatnya rendang jengkol yang kadang membuat kangen atau semur jengkol , keripik jengkol yang membuat kita jinak makan. Namun bau jengkol yang sungguh minta ampun ini membuat jengkol banyak dibenci. Begitu ulah jengkol yang suka bikin jengkolen juga membuat jengkol disirik masyarakat.
Namun dibalik benci dan rindu, jengkol tetap menjadi komoditas komersial pertanian. Sayang memang untuk tanaman jengkol ini belum banyak pengusaha yang meliriknya. Pasokan jengkol di pasaran lebih banyak ditentukan oleh pertanian tradisional rakyat di pedesaan.
Petani pada umunya juga tidak membudidayakan jengkol ini secara intensif karena tanaman jengkol yang ada dikebunya biasanya tumbuh karena kehendak alam dan petani hanya sekedar merawat, membesarkan serta memetik hasilnya saja.
Jengkol ini selain manfaat buahnya, ternyata kini banyak diburu oleh para pedagang kayu untuk dijadikan bahan mebel maupun kusenan pembuatan rumah. Alasanya selain sekarang sulit ditemukan bahan-bahan bangunan dari kayu yang berkualitas seperti nangka, jati maupun mahoni yang harganya mahal, kayu jengkol banyak dilirik karena kayu jengkol sangat tahan terhadap serangan rayap. Hanya saja kalau kayu jengkol itu belum berumur tua, kalau untuk membuat kusenan sering melengkung atau ngulet.
Jengkol masa berbuahnya hampir bersamaan dengan petai, biasanya jengkol berbunga bulan Agustus – September dan matang buahnya pada bulan Desember – Januari. Harga Jengkol dipasaran sangat tinggi berkisar Rp. 7.000 – Rp. 8.000 per kilo. Namun jika jengkol sedang langka harganya bisa mencapai Rp. 10.000,- – Rp. 12.000,-. per kilogram.
Pembudidayaan jengkol secara intensif memang belum banyak diusahakan. Padahal sebenarnya cukup menjanjikan untuk pembudidayaan jengkol ini. Selain itu jengkol termasuk tanaman yang ndableg bukan tanaman priyayi yang susah tumbuh, jengkol mudah tumbuh disembarang tempat dan cocok untuk tanaman penghijauan. Daerah yang cocok untuk tumbuh jengkol sampai 800 mdl.
Umur sekitar lima tahun jengkol sudah bisa berbuah. Jika dengan cara vegetatif seperti cangkok dan okulasi, umur berbuahnya bisa lebih pendek lagi. Satu pohon jengkol yang sudah mapan berbuahnya bisa menghasilkan jengkol bersih yang sudah dikupas 15-20 kg.
Hama yang banyak menyerang tanaman jengkol kebanyakan ulat buah yang sering tidur dan menggerogoti buah jengkol yang sudah tua hingga buahnya keropos dan berlendir, serangan lainya adalah bajing( tupai). Bajing sangat suka menggerogoti buah jengkol yang setengah tua karena pada masa itu jengkol berasa manis. Hama lain yang banyak menyerang oleh masyarakat atau petani di sebut “ boloren “ menyerang pohon jengkol, tidak hanya kambium tapi menyerangnya sudah sampai pada hati pohon, jika tak terselamatkan pohon akan mengering dan mati.
Sampai saat ini memang olahan dari buah jengkol masih terbatas untuk komoditas langsung untuk konsumsi warung-warung makanan dengan berbagai olahan seperti rendang, semur atau lalapan khusus. Kini jengkol juga mulai dikenal dengan keripik jengkol yang rasanya menyerupai keripik melinjo yang kesohor.
Walaupun keripik jengkol lebih murah namun rasanya ternyata juga enak, karena kerupuk jengkol sekarang sudah dijumpai di warung-warung dan pasar.
Anda berminat membudidayakan tanaman jengkol sebagai komoditas pertanian, segera lakukan sebelum di dahului oleh yang lain.

Incoming search terms:

budidaya jengkol (263),budidaya tanaman jengkol (61),Cara menanam jengkol (33),kayu jengkol (32),budidaya pohon jengkol (29),budidaya petai (24),tanaman jengkol (22),bertanam jengkol (17),tanam jengkol stekan umur berapa mulai buah (5),jangka waktu pnen jngkol (3),bertanam petai (2),pohon jengkol cangkok (2),menyetek jengkol (2),berapa lama pohon petai berbuah (2),Umur petai berbuah (1),Keuntungan brkbun jengkol (1),usia panen petai (1),jengkol berbunga sampai panen berapa bulan (1),petai berbuah (1),teknik budidaya jengkol (1),Tata cara jarak tanam jengkol (1),Petai mulai berbuah (1),pete berbuah sepanjang tahun /tidak (1),semur jengkol tahan berapa lama (1),pusat petai okulasi Banyumas (1),Satu tahun berapa kali panen jengkol (1),Jarak tanam jengkol (1),cara nyetek pohon petai (1),berapa kali panen per tahun tanaman petai (1),berapa kali pohon petai berbuah (1),berapa lama buah jengkul d panen (1),berapa lama pohon jengkol berbuah (1),Berapa lama tanam jengkol sampai bisa berbuah (1),berapa lama tanam pohon pete sampe panen (1),berapa th jengkol stekan mulai berbuah (1),apakah kayu jengkol cukup bagus untuk kusenan (1),bibit jengkol stekan umur berapa th mulai berbuah (1),buah jengkol banyak (1),budidaya petai dan jengkol (1),cara membenihkan biji jengkol (1),cara mencangkok petai (1),cara menyangkok jengkol (1),Cara merawat pohon jengkol (1),Berapa kali berapa jarak kita menanam jengkol (1)
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 

 
 
You might also likeclose