Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo.

Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo.

Bertempat di lokasi pembangunan pabrik semen PanAsia, di Desa Tipar Kidul Ajibarang Banyumas, Senin 8 Oktober 2012, Gubernur Jawa Tengah, H Bibit Waluyo, meresmikan diawalinya pembangunan pabrik semen yang dikelola oleh PT Sinar Tambang Artha Lestari itu.

Pabrik semen itu direncanakan akan mengeksploitir bahan tambang untuk bahan baku semen di tanah seluas 350 Ha, di 6 desa wilayah Kecamatan Ajibarang dan Perhutani di dua desa di kecamatan Gumelar.

Sebagai pusat kegiatan, pabrik dengan segala fasilitasnya dibangun di tanah eks pabrik jamur PT Banyumas Adi Jaya, yang secara adminitrasi masuk ke wilayah tiga desa, yaitu Tipar Kidul, Karang Bawang dan Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

Bing A Suwandi, Direktur Utama PT Sinar Tambang Artha Lestari, dalam sambutan selamat datang menguraikan tentang kebutuhan semen dalam skala nasional. ” Saat ini, kebutuhan semen nasional per tahun adalah 148 juta ton. Sedangkan yang mampu diproduksi oleh pabrik-pabrik semen nasional, sejumlah 145 juta ton. Kekurangan hasil produk sejumlah 3 juta ton, yang selama ini diimpor, kami mencoba untuk memenuhi kebutuhan itu.”

Tentang pengadaan lahan yang dengan sendirinya ada proses pembebasan, Bing mengatakan,” Dalam proses jual beli lahan, kami tidak mengenal ganti rugi. Yang pasti dengan cara ganti untung. Dan bagi mereka yang rela tanahnya dibebaskan untuk kepentingan industri semen ini, bagi kami, meraka adalah pahlawan-pahlawan pembangunan.”

Semangat yang sama tergambar dari uraian Bupati Banyumas, Drs H Mardjoko, MM, dalam sambutannya,” Banyumas selama masa kepeimpinan saya, telah maju demikian pesat. Hal ini dibuktikan dengan pernghargaan oleh Banyumas, baik Pemerintah Kabupaten, saya sendiri selaku Bupati dan juga warga masyarakat. Total penghargaan yang didapat, sejumlah 128 penghargaan dalam waktu 5 tahun. ”

” Rencana investasi lain, yang sudah direncanakan, pabrik bioethanol, terkendala aturan yang ada, rencana tata ruang wilayah (RTRW), kurangnya lahan untuk penanaman bahan baku singkong, serta spekulan harga tanah. Investor bioethanol pindah ke Lampung untuk menanamkan investasinya.”

H Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Tengah, menyampaikan amanatnya dengan diselingi bahasa Banyumasan,” Inyong dines neng Kodim Banyumas tahun 1985, jaman Bupatine Pudjadi Djaring Bandajuda.”

Tentang sejarah ekonomi Jawa Tengah, Gubernur menguraikan fakta,” Semenjak kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah berusia 67  tahun, baru sekarang ada investasi berupa pabrik semen.  Tidak lama lagi juga akan ada investasi yang sama di Kabupaten Rembang. Rencana pabrik gula di Blora.”

” Seperti yang diuraikan Bupati tadi, perluasan bandara Wirasaba menjadi bandara perintis. Walaupun lokasi bandara berada di Kabupaten Purbalingga, tapi inisiatif datang dari Bupati Banyumas,” lanjut Gubernur. Sedangkan invstasi yang lain untuk wilayah Jawa Tengah, rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang meliputi enam kabupaten’

Kepada PT Sinar Tambang Artha Lestari, Gubernur Jawa Tengah menyampaikan harapannya,”  Investasi yang ada di Kabupatn Banyumas, kami harap akan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah, mengurangi angka pengangguran dan sedikit demi sedikit alih teknologi hingga suatu saat, warga Banyumas akan mampu bekerja lebih optimal.”

” Pabrik berdiri, lingkungan tetap terjaga lestari dan masyarakatnya pun ikut mukti,” demikian Gubernur Jawa Tengah mengakhiri sambutannya. Kegiatan Gubernur selanjutnya adalah melakukan kunjungan ke KPH Banyumas barat untuk kegiatan kehutanan.

 

 

Incoming search terms:

pt sinar tambang lestari (3),loker ajibarang (1),loker pabrik banyumas (1),lowongan kerja ajibarang 2014 (1),lowongan kerja pt panasia ajibarang (1),lowongan kerja wangon ajibarang (1),mau kerja di pabrik semen tipar (1),sinar tambang arta (1)
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 

 
 
You might also likeclose