Pohon Jenitri Sedang Berbuah

Buah Jenitri atau Ganitri atau Rudraksa ( India ) yang dalam bahasa latinnya di sebut Elaeocarpus ganitrus banyak ditanam di Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Timor. Tanaman Jenitri selain buahnya yang mememilki nilai jual yang cukup tinggi bahkan di beberapa situs menyebutkan buah jenitri senilai dengan berlian, disamping itu kayu yang dihasilkan juga banyak dibutuhkan untuk produksi kayu olahan.

Di Indonesia ganitri lebih dikenal sebagai pohon pelindung. Buah ini sering dimanfaatkan oleh orang islam untuk dirangkai menjadi tasbih. Konon cerita Sekitar 150 tahun lalu orang India tinggal di Kauman, Kebumen. Dia menitipkan pohon jenitri kepada seseorang santri yang mengaji di masjid daerah Kauman tersebut. Orang India itu lalu memberikan bimbingan dari mulai menanam pohonnya hingga panen buah jenitri.

Orang India yang namanya diganti Mukti itu juga menampung buah jenitri untuk dibawa ke negaranya. Dia menghargai satu butir jenitri begitu tinggi. Hingga kemudian yang menanam pohon jenitri itu bertambah banyak dan lahannya makin luas.

Liontin dari biji jenitri

Begitu juga di Desa Dawuhanwetan, buah jenitri sedang banyak dicari untuk selanjutnya disemaikan untuk pembibitan. Satu biji siap tanam sebesar beras merah sudah memiliki nilai ekonomis tinggi, bahkan cingis, atau tunas jenitri siap dimasukan dalam polybag sudah dihargai Rp 60,-. Jenitri yang berbentuk biasa/ normal di golongkan berdasarkan nomor, dari nomor 1 s/d 11, selebihnya di timbang / kiloan semakin kecil, harganya semakin mahal. Adapun yang bentuknya tidak seperti umumnya, misalnya ada yang bodong ( panjang ), dempet, garis 20, garis 21 dll jenitri unik ini harganya bisa sampai 3 jutaan, bahkan sampai puluhan juta per biji. Salah satu warga desa Dawuhanwetan yang bernama Sutarman pernah mendapatkan biji dengan garis 23 dan dihargai dengan Rp 1.200.000,-. Bahkan baru-baru ini ia mendapatkan biji bodongan sejumlah 23 buah dari satu pohon dan masing-masing dihargai Rp 10.000,-,

Desa Dawuhanwetan

Tags

 

4 Comments

  1. fajar says:

    Saya punya bj jentr gars 5-7, ukuran 12-20mm jka ada yang mnat hub no 085770502225 , pn.2195880c

  2. fajar says:

    Saya punya bj jentr gars 5-7 , ukuran 12-20mm
    Saya juga menrma pesanan permntaan jens jentr lan yang mungkn anda butuhkan
    Jka anda mnat hub saya hp.085770502225, pn.2195880c

  3. Saya bsa sedakan jentr gars standart bermacam ukuran untuk djadkan tasbh, parhasan dll… untuk bodongan tergantung ktrsdaan …..hubung saya d 085852051969

  4. raymond says:

    ada yang mau bel kha..stok full…1-5 ton

Leave a Comment

 




 

 
 
You might also likeclose